MK01
Etika dan Profesi
2
Social Issues and Professional PracticePengembangan Diri
5
[Nama MK]: Etika dan Profesi merupakan mata kuliah yang membahas prinsip-prinsip etika dan standar profesional yang berlaku dalam suatu bidang kerja. Materi ini dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat bertindak dan mengambil keputusan dengan bijaksana sesuai dengan norma-norma etis dan tanggung jawab profesional saat memasuki dunia kerja.
MK02
Hukum dan Kebijakan Teknologi Informasi
2
Social Issues and Professional PracticePengembangan Diri
7
CPMK016
CPMK025
CPMK027
CPMK121
CPMK125
[Nama MK]: Hukum dan Kebijakan Teknologi Informasi adalah mata kuliah yang membahas tentang regulasi-regulasi dan kebijakan yang berkenaan dengan penggunaan teknologi informasi. Materi ini mencakup pemahaman hukum yang relevan dengan IT, serta implikasinya bagi individu, bisnis, dan masyarakat.
MK03
Manajemen Proyek Teknologi Informasi
3
Project Management
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
CPL11
5
[Nama MK]: Manajemen Proyek Teknologi Informasi adalah mata kuliah yang fokus pada pengelolaan proyek-proyek di bidang IT, mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan penutupan proyek dengan menggunakan metodologi dan alat yang sesuai untuk mencapai tujuan proyek secara efektif dan efisien.
MK04
Proyek Software
3
Project Management
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
CPL11
7
CPMK043
CPMK045
CPMK046
CPMK061
CPMK066
Deskripsi: Proyek Software adalah mata kuliah yang fokus pada pengembangan perangkat lunak.
MK05
Struktur Data
4
Data Structures, Algorithms and Complexity
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL11
2
[Nama MK]: Struktur Data adalah mata kuliah yang mempelajari berbagai jenis struktur penyimpanan dan organisasi data yang memungkinkan pengaksesan dan modifikasi data secara efisien. Materi ini mencakup konsep-konsep seperti array, stack, queue, linked list, trees, graphs, dan teknik-teknik penyortiran dan pencarian data. Tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengimplementasikan dan memanfaatkan struktur data yang tepat untuk berbagai jenis aplikasi perangkat lunak.
MK06
Algoritma Pemrograman
3
Data Structures, Algorithms and ComplexityProgramming Fundamentals
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL11
CPL10
1
[Nama MK]: Algoritma Pemrograman adalah mata kuliah yang mempelajari tentang konsep dasar algoritma dan teknik pemrograman. Materi ini mencakup pembelajaran algoritma untuk menyelesaikan masalah komputasi, termasuk logika dasar pemrograman, struktur kontrol, fungsi, dan penggunaan bahasa pemrograman untuk mengimplementasikan algoritma tersebut dalam bentuk kode program yang efisien dan efektif.
Fardhoni, Amd. Kes., S.T., M.M., M.Kom.
MK07
Keamanan Data dan Informasi
3
Security Policy and ManagementSecurity Issues and PrinciplesSecurity Technology and ImplementationNetworking and Communications
CPL02
CPL03
CPL04
CPL07
CPL09
CPL10
CPL11
CPL05
CPL08
CPL12
4
[Nama MK]: Keamanan Data dan Informasi
MK08
Rekayasa Perangkat Lunak
3
Software Development FundamentalsSoftware EngineeringSoftware Modeling and Analysis
5
CPMK046
CPMK057
CPMK083
CPMK091
CPMK093
CPMK095
CPMK096
Deskripsi of Rekayasa Perangkat Lunak:
Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak berfokus pada prinsip dan praktik pengembangan perangkat lunak yang efisien dan handal. Ini mencakup metodologi pengembangan, teknik pemodelan, pengujian perangkat lunak, dan manajemen proyek. Tujuannya adalah untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan untuk merancang, mengimplementasikan, dan memelihara perangkat lunak yang memenuhi spesifikasi yang diberikan dan standar kualitas.
MK09
Analisis dan Desain Perangkat Lunak
3
Software DesignSoftware Development FundamentalsSystems Analysis & DesignSoftware Quality, Verification and ValidationSoftware Modeling and Analysis
CPL02
CPL03
CPL04
CPL06
CPL05
CPL07
CPL08
CPL10
CPL11
CPL09
4
CPMK046
CPMK057
CPMK082
CPMK092
CPMK095
CPMK097
CPMK101
CPMK106
CPMK107
Deskripsi:
Mata Kuliah "Analisis dan Desain Perangkat Lunak” berfokus pada pemahaman dan penerapan konsep-konsep dalam melakukan analisis serta desain untuk pengembangan perangkat lunak. Hal ini meliputi pemodelan kebutuhan, pembuatan spesifikasi, dan perancangan solusi teknis yang efektif serta efisien dalam bentuk perangkat lunak.
MK10
Pemrograman Web 1: Desain
3
Programming LanguagesProgramming FundamentalsSoftware Development Fundamentals
CPL03
CPL05
CPL06
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
CPL04
3
CPMK032
CPMK041
CPMK051
CPMK061
CPMK063
CPMK067
[Nama MK]: "Pemrograman Web 1: Desain" membahas dasar-dasar desain dalam konteks pemrograman web, mengajarkan prinsip-prinsip dan teknik untuk menciptakan tampilan website yang menarik dan fungsional.
Dr. Indra Surya Permana, MM.
MK11
Pembelajaran Mesin
3
Intelligent Systems
7
Deskripsi mata kuliah Pembelajaran Mesin mencakup pengenalan terhadap algoritma dan teknik yang digunakan dalam pembelajaran mesin, yang memungkinkan komputer untuk belajar dari dan membuat prediksi atau keputusan berdasarkan data. Materi ini meliputi pembahasan tentang berbagai jenis pembelajaran mesin seperti pembelajaran terawasi, tak terawasi, dan memperkuat, serta penerapan praktisnya dalam berbagai bidang.
MK12
Kecerdasan Buatan
3
Intelligent SystemsSoftware Modeling and Analysis
7
[Nama MK]: Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)
MK13
Jaringan Komputer
4
Parallel and Distributed ComputingComputer NetworksNetworking and CommunicationsVirtual Systems and Services
CPL03
CPL05
CPL08
CPL10
CPL11
CPL04
3
[Nama MK]: Jaringan Komputer
Fardhoni, Amd. Kes., S.T., M.M., M.Kom.
MK14
Pemrograman Berorientasi Objek
3
Programming LanguagesProgramming Fundamentals
CPL03
CPL05
CPL06
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
3
CPMK032
CPMK062
CPMK066
CPMK082
[Nama MK]: Pemrograman Berorientasi Objek (Object-Oriented Programming/OOP) adalah paradigma pemrograman yang menggunakan konsep “objek” – yang dapat berisi data dalam bentuk field atau atribut, serta kode dalam bentuk prosedur atau metode. OOP fokus pada pengorganisasian kode menjadi entitas yang dapat digunakan kembali dan mudah dikelola, yang mendukung prinsip-prinsip seperti enkapsulasi, pewarisan, dan polimorfisme.
MK15
Agama
2
Pengembangan Diri
1
Deskripsi MK Agama:
MK "Agama" membahas tentang berbagai aspek agama, termasuk sejarah, ajaran, dan praktik ibadah dari beragam keyakinan yang ada. Kursus ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam tentang peran dan pengaruh agama dalam kehidupan individu dan masyarakat, menjajaki nilai-nilai moral dan etika yang terkait, serta mempromosikan toleransi dan kerukunan antarumat beragama.
H. Jaelani, S.Ag, M.Pd.I M.
MK16
Pancasila dan Kewarganegaraan
2
Pengembangan Diri
1
[Nama MK]: Pancasila dan Kewarganegaraan
MK17
Bahasa Indonesia
2
Pengembangan Diri
1
[Nama MK]: Bahasa Indonesia
MK18
Organisasi dan Arsitektur Komputer
3
Computing Systems FundamentalsArchitecture and Organization
CPL08
CPL09
CPL11
CPL03
CPL05
CPL10
3
[Nama MK]: Organisasi dan Arsitektur Komputer mengeksplorasi struktur internal dan fungsi kerja komputer, termasuk studi tentang komponen-komponennya, interaksi antar komponen, dan prinsip-prinsip desain yang mendasari sistem komputer modern.
MK19
Matematika Diskrit
3
Computational ScienceDiscrete Structures
CPL03
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL11
CPL12
1
Deskripsi of [Matematika Diskrit]: Matematika Diskrit merupakan bidang ilmu yang mempelajari struktur matematika yang bersifat diskrit, tidak kontinu, dan biasanya berurusan dengan objek yang dapat dihitung.
MK20
Aljabar Linier
3
Computational ScienceDiscrete Structures
CPL03
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL11
CPL12
2
[Nama MK]: Aljabar Linier merupakan mata kuliah yang mempelajari konsep dan metode matematika dalam ruang vektor dan transformasi linier, termasuk matriks, sistem persamaan linier, vektor, nilai eigen, dan diagonalisasi, yang penting untuk pemahaman struktur aljabar dan aplikasinya dalam berbagai bidang seperti ilmu komputer, fisika, dan rekayasa.
MK21
Kalkulus
3
Computational ScienceDiscrete Structures
CPL03
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL11
CPL12
2
[Nama MK]: Kalkulus adalah bidang studi dalam matematika yang fokus pada konsep limit, fungsi, turunan, integral, dan deret tak hingga.
MK22
Human-Computer Interaction
3
User Experience DesignSoftware DesignHuman-Computer InteractionInformation Management
CPL02
CPL03
CPL05
CPL09
CPL10
CPL04
CPL06
CPL07
CPL08
CPL11
5
CPMK023
CPMK026
CPMK056
CPMK063
CPMK067
CPMK091
CPMK092
[Nama MK]: Human-Computer Interaction (HCI) focuses on the design and use of computer technology, particularly on the interfaces between people (users) and computers. Researchers in the field of HCI observe the ways humans interact with computers and design technologies that let humans interact with computers in novel ways. This interdisciplinary field merges concepts from computer science, cognitive psychology, design, and several other fields of study. The goal of HCI is to improve the user experience with technology by making computers more usable and receptive to the user's needs.
MK23
Sistem Operasi
3
Parallel and Distributed ComputingOperating SystemsVirtual Systems and Services
CPL03
CPL05
CPL08
CPL10
CPL11
CPL04
3
CPMK031
CPMK035
CPMK043
CPMK053
[Nama MK]: Sistem Operasi adalah mata kuliah yang mempelajari tentang perangkat lunak sistem yang bertugas mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak serta menyediakan layanan untuk aplikasi komputer.
MK24
Basis Data
3
Data and Information ManagementData Structures, Algorithms and ComplexityDiscrete Structures
CPL03
CPL04
CPL05
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
CPL07
3
[Nama MK]: Basis Data merupakan mata kuliah yang membahas mengenai prinsip-prinsip dasar tentang database, termasuk cara mendesain, mengimplementasikan, dan mengelola database. Materi yang dipelajari mencakup model data, bahasa query, normalisasi, hingga aspek keamanan dan integritas data.
MK25
Statistika
3
Computational Science
CPL03
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL11
CPL12
3
[Nama MK]: Statistika adalah cabang matematika yang berfokus pada pengumpulan, analisis, interpretasi, dan presentasi data. Statistika digunakan dalam berbagai disiplin ilmu untuk membantu membuat keputusan berdasarkan data empiris.
Dr. Indra Surya Permana, MM.
MK26
Logika Informatika
3
Computational ScienceDiscrete Structures
CPL03
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL11
CPL12
1
[Nama MK]: Logika Informatika merupakan mata kuliah yang mempelajari prinsip-prinsip dasar logika yang diterapkan dalam ilmu informatika, termasuk cara-cara berpikir secara sistematis dan analitis untuk memecahkan masalah komputasi.
MK27
Cloud Computing
2
Parallel and Distributed ComputingNetworking and CommunicationsVirtual Systems and Services
CPL03
CPL05
CPL08
CPL10
CPL11
CPL04
2
[Nama MK]: Cloud Computing adalah mata kuliah yang mempelajari tentang komputasi awan, termasuk infrastruktur, platform, dan layanan yang disediakan melalui internet untuk memungkinkan pengguna menyimpan, mengolah, dan mengakses data dari server jarak jauh. Materi ini mencakup konsep, model, arsitektur, serta tantangan keamanan dan manajemen terkait dengan cloud computing.
MK28
Pemrograman Mobile 1
2
Programming LanguagesPlatform-based DevelopmentSoftware Engineering
CPL03
CPL05
CPL06
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
CPL04
4
CPMK032
CPMK041
CPMK051
CPMK061
CPMK062
CPMK102
CPMK104
CPMK105
CPMK106
[Nama MK]: Pemrograman Mobile 1
MK29
Kerja Praktek / Magang
3
Project Management
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
CPL11
7
[Nama MK]: Kerja Praktek / Magang merupakan mata kuliah yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memperoleh pengalaman praktis di dunia kerja sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari.
MK30
Big Data
3
Intelligent SystemsComputational ScienceDiscrete Structures
CPL03
CPL11
CPL04
CPL05
CPL07
CPL08
CPL12
4
CPMK033
CPMK034
CPMK044
CPMK083
[Nama MK]: Big Data merupakan mata kuliah yang mempelajari tentang kumpulan data berskala besar yang kompleks, metode pengolahan, serta teknik analisis untuk menggali informasi berharga.
MK31
Tugas Akhir
4
Social Issues and Professional PracticeProject ManagementComputational ScienceDiscrete StructuresMetodologi Penelitian
CPL01
CPL02
CPL11
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
CPL04
CPL08
CPL12
8
CPMK024
CPMK028
CPMK077
CPMK123
CPMK124
CPMK125
[Nama MK]: Tugas Akhir merupakan mata kuliah yang ditujukan untuk mahasiswa pada tahap akhir pendidikan mereka, di mana mereka diharuskan untuk mengerjakan proyek penelitian atau proyek praktis sebagai bukti kompetensi sebelum lulus.
MK32
Internet of Things
3
Parallel and Distributed ComputingComputer NetworksIntelligent SystemsNetworking and Communications
CPL03
CPL05
CPL08
CPL10
CPL11
CPL04
6
CPMK034
CPMK035
CPMK047
CPMK055
CPMK084
[Nama MK]: Internet of Things (IoT) adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang pengembangan dan penerapan teknologi untuk menghubungkan perangkat fisik ke internet, memungkinkan pertukaran data dan interaksi antarobjek, sistem, dan aplikasi, sehingga menciptakan lingkungan yang cerdas dan efisien.
MK33
Tata Tulis Ilmiah Komputer dan Informatika
3
Social Issues and Professional PracticeProject ManagementDiscrete StructuresMetodologi Penelitian
CPL01
CPL02
CPL11
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
CPL04
CPL08
CPL12
1
CPMK021
CPMK077
CPMK122
CPMK126
[Nama MK]: Tata Tulis Ilmiah Komputer dan Informatika adalah mata kuliah yang fokus pada pembelajaran dan penerapan prinsip-prinsip penulisan ilmiah khususnya di bidang komputer dan informatika. Materi ini mencakup teknik penyusunan, format, dan gaya penulisan yang sesuai dengan standar ilmiah, serta praktik etika dalam publikasi ilmiah di bidang teknologi informasi.
Dr. Indra Surya Permana, MM.
MK34
Cloud Computing 2
3
Virtual Systems and Services
4
CPMK045
CPMK084
CPMK103
CPMK105
CPMK107
Deskripsi of Cloud Computing 2:
Cloud Computing 2 is an advanced course that builds upon the foundational knowledge of cloud computing. This course delves deeper into cloud services and infrastructure, covering topics such as complex cloud-based solutions, deployment models, cloud security, and compliance. It is designed for students who have a basic understanding of cloud concepts and are looking to expand their expertise in cloud technologies and their applications in real-world scenarios.
MK35
Big Data 2 : Predictive Analysis Lanjutan
2
Data and Information ManagementIntelligent SystemsComputational ScienceDiscrete StructuresSoftware Modeling and Analysis
CPL03
CPL04
CPL05
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
CPL07
CPL12
6
[Nama MK]: "Big Data 2: Predictive Analysis Lanjutan" merupakan mata kuliah yang fokus pada analisis prediktif tingkat lanjut dalam konteks Big Data.
MK36
Pemrograman Mobile 2
2
Programming LanguagesPlatform-based DevelopmentSoftware Engineering
CPL03
CPL05
CPL06
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
CPL04
5
CPMK032
CPMK041
CPMK056
CPMK061
CPMK062
CPMK092
CPMK102
CPMK104
CPMK105
CPMK112
MK37
Seminar Tugas Akhir
2
Metodologi Penelitian
8
CPMK021
CPMK028
CPMK076
CPMK124
CPMK126
MK38
Bahasa Inggris 1
2
Social Issues and Professional PracticePengembangan Diri
1
Iin Indra Nuraeni, S.Sing., M.Pd
MK39
Pengantar Ilmu Komputer
3
Operating SystemsHuman-Computer Interaction
CPL03
CPL04
CPL05
CPL09
CPL11
1
MK40
Digipreneur
2
Social Issues and Professional PracticeProject Management
CPL01
CPL02
CPL11
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
2
MK41
Bahasa Inggris 2
2
Social Issues and Professional PracticePengembangan Diri
2
CPMK012
CPMK021
CPMK071
CPMK116
MK42
Komputer Desain Grafis
3
User Experience DesignGraphics and Visualization
CPL02
CPL03
CPL05
CPL09
CPL10
CPL04
CPL06
2
CPMK023
CPMK063
CPMK065
CPMK085
MK43
Manajemen Teknologi Informasi
2
Data and Information ManagementInformation Management
CPL03
CPL04
CPL05
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
2
MK44
Film dan Animasi
4
Project ManagementGraphics and Visualization
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
CPL11
CPL04
CPL06
5
MK45
Manajemen Sistem Informasi Kesehatan
2
Social Issues and Professional Practice
4
MK46
Manajemen Sains dan Riset Operasional
3
Social Issues and Professional PracticeProject Management
CPL01
CPL02
CPL11
CPL03
CPL05
CPL07
CPL09
CPL10
5
CPMK036
CPMK048
CPMK058
CPMK064
CPMK066
CPMK067
MK47
Pemasaran Digital
2
Social Issues and Professional PracticeData and Information Management
CPL01
CPL02
CPL11
CPL03
CPL04
CPL05
CPL08
CPL09
CPL10
5
CPMK022
CPMK074
CPMK111
CPMK114
MK48
Manajemen Strategik
2
Social Issues and Professional PracticePengembangan Diri
6
MK49
Rekam Medis Elektronik
2
Social Issues and Professional PracticeData and Information Management
CPL01
CPL02
CPL11
CPL03
CPL04
CPL05
CPL08
CPL09
CPL10
6
CPMK047
CPMK055
CPMK085
CPMK086
CPMK091
CPMK097
MK50
Visuaslisasi Data
3
User Experience DesignGraphics and Visualization
CPL02
CPL03
CPL05
CPL09
CPL10
CPL04
CPL06
6
MK51
Interpersonal Skill
2
Social Issues and Professional PracticePengembangan Diri
6
MK52
E-Government dan Smart City
3
Social Issues and Professional PracticeUser Experience DesignComputer Networks
CPL01
CPL02
CPL11
CPL03
CPL05
CPL09
CPL10
CPL08
6
CPMK085
CPMK086
CPMK094
CPMK113
CPMK116
MK53
Analisis Jejaring Sosial
3
Data and Information ManagementSystems Analysis & Design
CPL03
CPL04
CPL05
CPL08
CPL09
CPL10
CPL11
4
CPMK044
CPMK071
CPMK112
CPMK113
MK54
Promosi Kesehatan
2
Social Issues and Professional PracticePengembangan Diri
6
MK55
MBKM
20
Pengembangan Diri
7
MK11
Machine Learning
3
Intelligent Systems
4
Mata kuliah ini membahas konsep dasar pembelajaran mesin, teknik pemrosesan data, algoritma pembelajaran mesin, serta evaluasi model. Mahasiswa akan mengembangkan proyek berbasis machine learning dengan menerapkan metode supervised dan unsupervised learning. Mata kuliah ini akan menjadi dasar bagi Visualisasi Data di semester berikutnya.